9.01.2008

Puasa Hari Pertama


Alhamdulillah Tahun ini saya masih diberikan kesempatan oleh Alloh SWT untuk menunaikan ibadah puasa di bulan nan Penuh berkah ini. Puasa pada tahun ini hampir sama dengan puasa pada tahun sebelumnya. Yup masih merasakan bulan puasa di Koz tercinta jauh dari orang tua dirumah. Yam au ginmana lagi, saya harus menuanaikan tugas utama saya sebagai mahasiswa yang harus kuliah dan kebetulan tempat kuliah saya berada di luar kota tepatnya di kota Pahlawan mana lagi kalo bukan Kota Surabaya. Sudah 2 tahun ini saya merantau ke Kota Pahlawan, banyak pengalaman, banyak hal yang saya alami.

Hemmm… kembali lagi ke topic utama yaitu Puasa Hari Pertama, pada hari pertama puasa ini ada yang sedikit berbeda dengan puasa tahun lalu meskipun sama-sama jauh dari orang tua. Yang membedakan adalah dimana pada tahun lalu ketika hari pertama masih merasakan makan Sahur dan berbuka puasa bareng keluarga tercinta. Namun pada puasa kali ini hal itu tidak akan saya rasakan lagi, karena jika pada tahun lalu masih ada kesempatan libur awal puasa yang pada kesempatan itu saya bisa pulang kerumah untuk Nyekar (berkunjung ke makam kerabat) dan bisa ber-IntheHoi bareng keluarga di rumah untuk bersama-sama makan sahur dan berbuka puasa bareng di hari pertama puasa. Lha kenapa kox sekarang gak bisa??? Jawabnya adalah dikarenakan tepat pada tanggal 1 September 2008 ini kuliah semester gasal saya baru saja dimulai. Tersu karena kemarin hari Sabtu, 30 Agustus 2008 harus berangkat ke Malang untuk menghadiri Seminar Sambal Tulisan dalam Sepiring Blog bersama teman-teman dari Surabaya.

Oh ya kali ini saya hanya ingin bercerita tentang hari pertama puasa kali ini, ya mungkin saja bisa member inspirasi bagi teman-teman seperjuangan saya yang sama-sama jauh dari rumah alias nge-Koz. Oke… hari pertama puasa ini saya awali ketika Alarm pada HP tercinta itu bordering-dering yang menandakan waktu telah berada pada pukul 02.30 WIB. Dengan mata yang masih 5 watt saya memaksakan diri untuk bangun dari tidur. Terdengar pula teman satu koz mengetuk pintu seraya membangunkan saya. Tanpa membuang waktu lagi saya langsung meluncur ke kamar mandi untuk membasuh muka malas ini. Setelah tampak segar, saya mulai menghangatkan air dengan Heater untuk menyeduh Energen sebagai pelengkap makan. Oke langsung ke warung di depan koz untuk melihat ada makanan apa yang bisa mengganjal perut ini. Yah Alhamdulillah hanya ada Nasi, Mie Goreng(Instant), dan telor dadar, gak papalah yang penting perut ini jangan sampai lapar. Setelah makan, wah muncul masalah. Perut terasa gak enak banget, mungkin karena belum terbiasa langsung makan sehabis tidur. Agak sedikit gak enak sech… Tapi gak papa…

Ya Alloh…. Di kampus saya bener-bener mendapatkan sedikit cobaan. Ya, mendengar cerita temen-temen yang bisa sahur bareng dengan orang tua.. Wah kayaknya enak banget gitu (Pengen Mode ON). Ya sabar Drex….Ini ujian kamu di bulan puasa. Sabar…Sabar… Tidak itu saja ketika harapan bisa buka bersama bareng-nareng coz kuliah bubar tepat pukul 16.00, ternyata harapan tinggal harapan. Semuanya pada pengen buka puasa di rumah bareng-bareng Ortu masing-masing.. Ya gak papalah itu hak mereka… Namun sekali lagi asya hanya bisa Sabar dan tawakal.

Akhirnya saya pun kembali ke koz tercinta.. Waktu telah menunjukkan pukul 17.00, wah adzan maghrib sebentar lagi nech. Tapi belum ada gambaran bakal buka puasa apa nech. Akhirnya ketika Adzan berkumandang Air putih sajalah yang masuk pertama ke dalam pencernaan ini. Tapi Alhamdulillah saya bersyukur bisa membeli 5 Gorengan yang terdiri, 3 Tahu Isi, 1 Pisang Goreng, 1 Tempe Goreng dan Es Degan sebagai Pelengkapnya. Ya Alhamdulillah meski hanya sederhana gitu yang penting cukup untuk megganjal perut untuk melakukan ibadah Sholat Maghrib, Sholat Isya’ dan Sholat Tarawih. Alhamdulillah..

Gorengan Maknyus
Secuil Gorengan Peneman Buka Puasaku


Es Degan
Es Degan, Berbukalah dengan yang manis


OK ini saja cerita dari saya… Pesen buat temen seperjuangan dengan saya, jangan pernah menyerah dan mengeluh jika puasa kali ini jauh dari Ortu dan harus berjuang sendiri untuk memenuhi kebutuah makan sahur dan buka puasa… Tetep semagat!!!! Kita harus mandiri… Kapan lagi kita mulainya kalo tidak sedari sekarang….. Tul gak?????

Okeh saya mau makan malem dulu….Tetep semangat……








14 komentar:

diorockout on Senin, 01 September, 2008 mengatakan...

5 gorengan kau sebut secuil!!!!!!!!!!!

Anang on Selasa, 02 September, 2008 mengatakan...

perjuangan dan nasip anak kos! hehe semangat! berbuka sama yg manis makane kok gorengan. buah2an atau kolak kan asik

cisthouse on Selasa, 02 September, 2008 mengatakan...

jangan berbuka dengan Es...
lebih bagus air putih ketimbang Es...

Frenavit Putra on Selasa, 02 September, 2008 mengatakan...

@diorockout
Yo mbut...dibandingno mangan sate sak piring...
@anang
okeh boz....
@cisthouse
okeh boz suwun tips e....

Fachia on Selasa, 02 September, 2008 mengatakan...

waduh seger banget menu buka-nya... met puasa ya...

nita on Rabu, 03 September, 2008 mengatakan...

mudah2an tanpa kehadiran keluarga dekat puasa bisa tetap lancar

gimana kalo seandainya nanti kamu pisah negara dr ortu bertahun2 yak...kayak saya ini...huuu

paank Fachrezi on Rabu, 03 September, 2008 mengatakan...

waduuuh, kayaknya saya salah waktu nih. siang-siang gini liat es 'The Gun' rasanya gimanaaa gitu.

mantan kyai on Rabu, 03 September, 2008 mengatakan...

berbukalah dengan yang ... pink :D

aRuL on Rabu, 03 September, 2008 mengatakan...

hari pertama begitu menggoda,
selanjutnya?
makin semangat aja
yah puasanya :)

dee mengatakan...

puasaku taun ini juga beda dr taun lalu.. coz nyokap lagi di jogja.. klo ga ada dia, ada yg kurang.. puasanya jd kurang maknyuss.. plus mesti bangun jam 3 krn ga ada yg masak pas sahur hehehe..

Frenavit Putra on Rabu, 03 September, 2008 mengatakan...

@Fachia
Thx mas...
@Nita
Tul banget mbak..Ini sebuah pembelajaran buat saya
@paank
Wah mas.. Bukan maksud hati tuk pamerin..he..he...
@mantan kyai
he..he... Bisa ajah mas 1 ini
@arul
sip
@dee
Wah hampir sama nech dengan saya... wkwkwkwk

mymoen on Rabu, 03 September, 2008 mengatakan...

Gorengannya begitu menggoda... wkwkwkwkwk...
berbukalah dengan yang manis, contohnya, kecap manis.. :D
Sabar aja mas...

LQ mengatakan...

sing penting niate....

Frenavit Putra on Rabu, 03 September, 2008 mengatakan...

@mymoen
Okeh mas...
@LQ
niat udah pasti boz

Posting Komentar

Setelah Baca-baca, Silahkan tinggalkan komentar
Silahkan.......