9.25.2008

Tauziah Akhir Ramadhan


Bismillah.....

Tidak terasa kita semua sudah berada di penghujung bulan Ramadhan, bulan suci yang penuh berkah dan hidayah. Dari sini muncul pertanyaan, Sudah maksimalkah Puasa dan Ibadah kita pada bulan 1000 bulan ini????. Sebuah pertanyaan yang patutnya kita tanyakan kepada diri kita masing-masing. Kenapa pertanyaan itu muncul??? Coba kita semua sedikit merenung, kita semua tahu setiap amalan ibadah pada bulan Ramadhan nan indah ini akan dilipat gandakan pahalanya. Jadi sungguh kita manusia yang sangat merugi jika pada bulan 1000 bulan ini kita hanya mendapatkan lapar dan dahaga tanpa mendapat pahala dari apa yang kita kerjakan, yaitu pahala puasa. Mungkin hal yang menyebabkan kita hanya mendapatkan Lapar dan dahaga saja pada bulan Suci ini sering kali kita tidak merasa. Banyak hal yang menyebabkan pahala ibadah puasa kita berkurang. Saya tidak akan panjang lebar menjelaskan apa saja yang menyebabkan berkurangnya pahala itu. Saya hanya akan mencoba share dan tukar pikiran saja sama sampeyan semua...

Yang pertama, hal yang paling utama
yang dapat mengurangi pahala kita adalah perkataan kita. Lho kenapa perkataan kita??? Begini mungkin sebagaian dari kita sering tidak menyadari apa yang keluar dari mulut ini. Yup tanpa kita sadari mungkin setiap ucapan kita kepada teman atau orang alin itu bisa mendatangkan sakit hati ataupun marah. Selain itu kebiasaan berbicara kita yang biasa bicara arogan, ngomong yang tidak aturan yang masih sering kita lakukan pada bulan ramadhan ini.

Yang kedua, pikiran-pikiran yang ada atau muncul setiap saat dan setiap hari. Maksud pikiran di sini adalah pikirang yang mengarah ke hal-hal yang negatif dan kurang baik. Tau sendiri khan... Pikiran-pikiran ini sering muncul setiap hari, setiap saat. Hal ini muncul akibat kita melihat sesuatu, mendengar pembicaraan, dan banyak lagi hal-hal yang menimbulkan pikiran yang negatif ini.

Yang Ketiga, yang paling penting adalah niat. Yup niat, niat kita menjalankan ibadah pada bulan suci ini apa??? Mungkin ada beberapa dari kita menjalankan ibadah ini hanya karena orang lain, pamrih, dll, bukan semata-mata melakukan ibadah ini hanya untuk mencari Ridho Allah SWT.

Hmm... Dari situlah maka seharusnya kita semua harus menjaga perkataan, pikiran, dan menjaga niat kita. Sungguh jika pada bulan yang sangat suci ini kita hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja, sungguh kita sangat merugi.

So... Mari tinggal 5 hari ini kita maksimalkan ibadah kita semaksimal mungkin, lebih baik sedikitkan dari pada kita tidak mendapatkan apa-apa sama sekali.... Yo mari semangat lagi untuk menambah ibadah dan amalan lain di bulan penuh berkah ini......

Semangat Jeh....




5 komentar:

Dhimas on Kamis, 25 September, 2008 mengatakan...

Yap tingal 5 hari lagi.. mari maksimalkan ibadah kita..

Anang on Kamis, 25 September, 2008 mengatakan...

maksimalkan waktu untuk mudik...

diorockout on Jumat, 26 September, 2008 mengatakan...

yo..

aRuL on Sabtu, 27 September, 2008 mengatakan...

subhanallah semoga kita termaksimalkan... :)

utchanovsky on Sabtu, 27 September, 2008 mengatakan...

Masih keburu gak yah, 5 hari ini :(

Posting Komentar

Setelah Baca-baca, Silahkan tinggalkan komentar
Silahkan.......