5.15.2008

Tips Membatasi Privilege User Pada Windows


Buat pengguna sistem operasi windows, terutama windows NT keatas kadangkala kita ingin membuat suatu user, tapi user tersebut tidak digunakan untuk login ke windows. Bisa jadi hanya digunakan untuk user yang berperan pada suatu aplikasi tertentu, atau hanya sekedar user buat nge-share folder atau file tertentu

Pada aplikasi-aplikasi tertentu, terutama aplikasi-aplikasi yang berjalan pada runtime atau framework tertentu biasanya secara otomatis akan meng-create user pada windows ini, selama proses instalasi berlangsung.

Intinya di sini adalah untuk membatasi User lain dalam menggunakan berbagai aplikasi atau apapun yang ada pad komp.

Lalu bagaimana bila kita ingin mambuat user akan tetapi user tersebut tidak bisa digunakan untuk login ke windows, dan hanya digunakan untuk keperluan tertentu, semisal user yang digunakan untuk keperluan sharing. Berikut ini ada beberapa tips simple dan mudah untuk mengatur privilege login pada windows:


* Buat user baru melalui computer management (klik kanan my computer -> manage computer), Setelah kebuka, pada computer management buka System Tools -> Local Users and Groups -> Users. Nah selanjutnya buat user baru disitu, klik kanan, pilih yang new user.

* Setelah user baru kebentuk, selanjutnya buka Local Security Policy pada Control Panel -> Administrative Tools > Local Security Policy.

* Setelah Local Security Policy kebuka selanjutnya pada window tersebut bukalah Security Settings -> Local Policies -> User Right Assignment

* Nah disitu ada berbagai policies yang berkaitan dengan user yang ada pada windows.
* Selanjutnya klik pada Policy Deny Logon Locally.

* Kemudian akan keluar window untuk mengisikan parameter user yang akan dihilangkan privilege login ke windows-nya. Klik Add User or Group untuk menambahkan user atau group, setelah itu klik OK.

* Nah sekarang kita sudah membatasi privilege user tertentu agar tidak bisa login ke windows. Untuk mengeceknya silahkan logout atau switch user sehingga akan muncul logoff screen. Kemudian coba login dengan menggunakan user yang baru dibuat tadi.

Ok...Selesai Deh.....


Selamat mencoba




0 komentar:

Posting Komentar

Setelah Baca-baca, Silahkan tinggalkan komentar
Silahkan.......