5.08.2008

Ketika Antivirus dideteksi sebagai Virus


Semua pengguna PC ataupun laptop yang menggunakan OS Windows pasti sering dibuat jengkel dengan yang namanya Virus. Tidak menutup kemungkinan pada OS lain juga terkena Virus(baca Virus pada Linux). Virus sebenarnya bukanlahh hal yang harus kita takuti, yang jadi masalah adalah kita tidak tau bagaimana Algoritma Virus itu bekerja dalam PC kita. Kita semua tau banyak sekali varian dari Virus yang beredar di setiap PC.

Kita tidak boleh takut dengan Virus komputer, virus komputer hanyalah sebuah program kecil yang diset untuk merubah atau merusak Sistem Operasi yang ada. Jadi kata lain Virus bisa disebut sebagi kode perusak (istilah keren). Tapi ada masalah lain timbul, yaitu ketika Antivirus yang menjadi senjata satu-satunya yang sangat kita andalkan itu di baca sebagai Virus Oleh Antivirus lain..Pasti pusing......


Sebentar, berdasarkan pengalaman pribadi juga, kita tidak hanya mengandalkan 1 Antivirus saja yang ada di Komputer atau Laptop kita. Hal ini dikarenakan bahwa adakalanya suatu virus tidak bisa dibaca oleh Antivirus yang kita miliki karena tidak pernah Update ataupun yang Update teruz. Kenapa itu terjadi???? Semua pasti bertanya seperti itu. Hal itu dikarenakan saking banyaknya Virus yang beredar, jadi ada keterbatasan database atau informasi dari setiap virus. Jadi salah satu tips yang baik adalah selalu Update Antivirus anda dan jangan hanya pasang 1 antivirus (1 Antivirus yang di instal ke sistem, dan beberapa Antivirus portable). Seperti contoh, saya menggunakan Antivirus AVG sebagai Antivirus utama. Selain itu saya juga memasang beberapa Antivirus handal seperti ANSAV, PCMAV Final Release, dan Killer Machine(sebenernya Killer Machine ini bisa disebut bukan anti virus).

Kembali ke topik utama, yaitu ketika Antivirus dideteksi sebagai Virus oleh Antivirus lain. Hal ini umumnya terjadi pada Antivirus Portabel. Misal ANSAV, PCMAV, dll. Kenapa bisa begitu???? Jawabnya adalah, Bahwa para pembuat Antivirus portable tersebut pada umumnya menggunakan proses Enkripsi yang hampir sama atau sama dengan proses Enkripsi yang di gunakan pembuat Virus untuk meng-enkrip Virus yang dia buat.

Salah satu contoh adalah ANSAV yang terpasang pada Komp n Laptop Saya sering terbaca sebagai Virus dan File ANSAV.exe tidak dapat di buka atau diblok oleh AVG. Jadi yang saya lakukan adalah mematikan Residen Shield yang ada pada AVG Control Center terlebih dahulu balu bisa menggunakan AVG..




4 komentar:

diorockout on Kamis, 08 Mei, 2008 mengatakan...

Ow..
y..y..
tenks tipsnya mas..

afridhon eone™ on Jumat, 09 Mei, 2008 mengatakan...

gimana lho mas biar kita buat avi portable g pernah kebaca virus sama semua avi???

Frenavit's Blog on Jumat, 09 Mei, 2008 mengatakan...

@diorockout
OK Yor.......

@eone
Waduh bang..kalo u/ ilmu buat Avi q belum mumpuni mas...hanya meberantas az..tu az gak semua.....

Anonim mengatakan...

I don't need AV...
cz i'm a VM....
wkwkwkwkwkwk...

Posting Komentar

Setelah Baca-baca, Silahkan tinggalkan komentar
Silahkan.......