8.17.2008

Jangan Lupakan 16 Agustus


Jangan Lupakan 16 Agustus


Terilhami dari sebuah iklan Televisi yang mengingatkan kita pada kejadian tanggal 16 Agustus, satu hari sebelum Negara tercinta ini Merdeka. Sebuah Iklan yang sungguh sangat menarik dan mengingatkan kejadian pada tanggal 16 Agustus yang mungkin kebanyakan dari kita melupakannya. Sedikit menengok dan menelaah kembali, peristiwa 16 Agustus 1945 yang hampir dilupakan oleh sebagaian masyarakat ini memiliki andil yang sungguh besar pada proses Kemerdekaan Negara Kita ini. Kenapa saya sebut memiliki andil yang cukup besar pada proses kemerdekaan Negara ini, hal ini dikarenakan apabila kejadian pada tanggal 16 Agustus dimana pergerakan pemuda pada saat itu tidak menculik Bung Karno dan Bung Hatta (Golongan Tua) yang di bawa ke daerah Rengasdengklok untuk didesak segera melakukan proklamasi kemerdekaan. Jika pada saat itu pergerakan pemuda tidak menculik dan mendesak Bung Karno dan Bung Hatta maka hari kemerdekaan Indonesia tidak akan jatuh pada hari ini yaitu tanggal 14 Agustus 1945. Bayangkan saja... Adapun Synopsis dari peristiwa tersebut adalah sebagai berikut.....





Synopsis
Setelah ratusan tahun negaranya dikekang oleh penjajah, sekelompok pemuda Chaerul Saleh, Wikarni, Sukarni dan beberapa pemuda, membuat sebuah keputusan besar yang kelak menentukan nasib bangsanya di masa depan. Sebuah Keputusan berbahaya. Mereka memutuskan untuk menculik dua tokoh besar yang dianggap sebagai ujung tombak pergerakan mereka dalam membebaskan bangsanya dari cengkeraman penjajah. Kedua tokoh itu adalah Bung Karno dan Bung Hatta. Keduanya diculik sebagai bentuk antisipasi para pemuda Indonesia yamg menghendaki kemerdekaan dengan segera agar terhindar dari pengaruh golongan tua yang diyakini akan menunda-nunda kemerdekaan bangsa Indonesia. Kondisi tersebut tercipta karena para pemuda yakin bahwa golongan tua masih terpengaruh pada kebikjakan pemerintah yang masih dikuasai penjajah pada saat itu, yakni bangsa Jepang. Ketika Jepang menyatakan kekalahannya terhadap tentara Sekutu pada tanggal 15 Agustus 1945, para pemuda yakin bahwa kemerdekaan harus segera dilaksanakan. Proklamasi harus segera dibacakan. Ketegangan semakin memuncak ketika para pemuda memaksa kedua tokoh untuk membacakan Teks Proklamasi sesegera mungkin, yakni pada tanggal 16 Agustus. Soekarno Menolak




Oke dari Synopsis di atas kita semua bisa mengetahui dan hendaknya menyadari, bahwa kita tidak bisa melupakan 16 Agustus. Karena jika tidak ada gerakan dari para pemuda pada saat itu, maka kemerdekaan tidak akan segera terlaksana.....

Sebuah iklan yang menarik... bagi yang ingin mendownload ikaln tersebut bisa download langsung di 16agustus.com atau sini.


Sedikit kontroversi... Sebenarnya menurud anda siapakah yang patut disebut sebagai pencetus Proklamasi??????



Ide, gambar dan Synopsis originally taken from 16agustus.com





15 komentar:

cisthouse on Senin, 18 Agustus, 2008 mengatakan...

ummMmm memang sejarah tidak akan pernah musnah, oleh sebab itu, jangan pernah lupakan sejarah, baik itu Negeri ataupun diri sendiri

Petani internet on Senin, 18 Agustus, 2008 mengatakan...

Benar pak memang semua yang baik perlu dikenang apalagi itu peristiwa penting.

ammadis on Senin, 18 Agustus, 2008 mengatakan...

Artinya mereka orang2 'dibelakang layar' dong...sejarah tak ada tanpa mereka....
Merdeka selalu....!

mymoen on Senin, 18 Agustus, 2008 mengatakan...

Kadang kala orang berjuang dengan hati ikhlas tanpa mengharapkan balasan. Kita harus mengakui perjuangan mereka.. MERDEKA......

nita on Senin, 18 Agustus, 2008 mengatakan...

pastinya masih banyak pihak yg terlibat dlm proses kemerdekaan RI. cuma saja krn soekarno-hatta pemimpin pada saat itu penghargaan lebih banyak ditujukan pd mereka. itulah enaknya jadi pemimpin dibanding kroco...kadang jasa kroco lebih besar dan kerjanya lebih keras namun jarang dilirik orang:)

apiscerana on Selasa, 19 Agustus, 2008 mengatakan...

pencetus proklamasi itu Chaerul Saleh, Wikarni, Sukarni,
sedangkan sukarno dan m.hatta itu sebagai pembaca.

monyetgaul on Selasa, 19 Agustus, 2008 mengatakan...

hmmm setuju sama yg di atas.. pencetusnya para pemuda2 itu....

16 agustus hmmm tanggal yg unik juga bagi sayah heheh udah baca postingan sayah dunk...

apiscerana on Selasa, 19 Agustus, 2008 mengatakan...

dijadiin film tu hebih banget...

n gak normal...

biasanya film dulu di buat terus trailernya..
tapi trailernya udah ada, filmnya yang belum ada...

aRuL on Selasa, 19 Agustus, 2008 mengatakan...

yah menurut saya semuanya berperan :D

mantan kyai on Selasa, 19 Agustus, 2008 mengatakan...

bravo pemuda *halah* :D

Anang on Selasa, 19 Agustus, 2008 mengatakan...

merdeka!

dee on Selasa, 19 Agustus, 2008 mengatakan...

semua berperan dalam kemerdekaan.. klo pemuda dan golongan tua ga bekerja sama, ga tau juga deh kapan Indonesia merdeka..

koreksi:
"Jika pada saat itu pergerakan pemuda tidak menculik dan mendesak Bung Karno dan Bung Hatta maka hari kemerdekaan Indonesia tidak akan jatuh pada hari ini yaitu tanggal 14 Agustus 1945."

14 agustus 1945 maksudnya 17 agustus 1945 kan..

Elys Welt on Rabu, 20 Agustus, 2008 mengatakan...

thanks linknya ya

dracpawn on Selasa, 26 Agustus, 2008 mengatakan...

eh2..itu iklannya cuma disiarin 1x kan di TV?
aku kebetulan secara ga sengaja liyat lo pas itu,taksangkain film..eh ternyata iklan :D

Daniel GM on Kamis, 28 Agustus, 2008 mengatakan...

bener... kadang kita emang lupa itu...

Posting Komentar

Setelah Baca-baca, Silahkan tinggalkan komentar
Silahkan.......