7.11.2008

Gentoo Linux 2008 Final Release


Akhir penantian para pencinta Open Source dan Pencinta Linux akan di releasenya versi Gentoo Linux 2008 Final Release akhirnya berakhir. Setelah melauli proses pengembangan yang cukup lama akhirnya Versi Final Releasenya dapat di publikasikan kekalangan luas Pecinta Linux. Tidak itu saja pihak pengambang dalam hal ini Donnie Berkholz memberikan sesuatu yang menarik dan tentu berbeda bagi pengguna Gentoo. Dalam website resmi Gentoo,Donnie Berkholz mengatakan, “peluncuran Gentoo Linux 2008 ini diharapkan memberi sesuatu yang berbeda dan menarik”.

Gentoo Linux

Gentoo installer telah mengalami banyak embaharuan dan paket ini hanya dapat berjalan pada networkless installation yang menggunakan ebuild tree dan paket tersebut terdapat pada LiveCD. Pada saat ini, paket installer belum diciptakan untuk versi LiveDVD namun tapi pengembangan dimasa depan hal tersebut bisa saja direalisasikan. Adapun hal penting yang menjadi ciri peluncuran dari Gentoo 2008.0 adalah migrasi dari Linux kernel 2.6.24 yang mana Include beragam jenis paket driver terbaru. Dan hal ini memungkinkan untuk menambahkan dukungan terhadap hardware terbaru yang ada pada saat ini. Keren bukan ....




Jantung utama dari Gentoo yang mana juga disebut sebagai Portage, dimana distribusi system utama ini telah mengalami pembaharuan ke versi 2.1.4.4 dan hal ini membawa beberapa hal yang baru kedalam system Gentoo Linux 2008, seperti gcc 4.1.2 dan glibc 2.6.1

Rekonstruksi dari system Gentoo mengijinkan setiap penggunanya untuk membersihkan redudansi dan pengembangan cleaner serta kemudahan dalam melakukan perawatan terhadap system. Perbedaan pada penggunaan regular yaitu proses akses profile yang saat ini telah terdapat pada /usr/portage/profiles/ under default/linux atau untuk versi Gentoo sebelumnya terdapat pada default-linux/ folder.

Xfce yang menggantikan GNOME pada versi LiveCD yang bertujuan untuk menghemat space di dalam CD, karena Xfce memiliki kapasitas yang lebih kecil jika dibandingkan dengan GNOME. Jika ingin menginstal Gentoo pada system computer melalui LiveCD, user akan mendapatkan Xfce sebagai standar desktop, namun GNOME dan KDE dapat dikembangkan pula dari source code Xfce untuk versi terbaru, yaitu versi 4.4.2 yang disertakan pada LiveCD Gentoo 2008.

Rilis Gentoo LiveCD untuk x86 dan x86_64 masih ditunda oleh Pihak pengembang, karena terdapat beberapa masalah untuk generasi tersebut. Namun tidak perlu khawatir, untuk versi x86 dan x86_64 akan diluncurkan dikemudian hari dan kemungkinan akan terdapat pada versi terbaru LiveDVD.

Selamat mencoba...

untuk yang pengan download bisa kunjungi situs http://www.gentoo.org/main/en/where.xml


3 komentar:

gadjah.net on Jumat, 11 Juli, 2008 mengatakan...

hehehe...

kita sama-sama penggemar linux, tapi beda distro doang.

berbeda-beda distro tapi linux juga.

Frenavit Putra on Sabtu, 12 Juli, 2008 mengatakan...

@gajah.net
suuiip mas...Meski beda distro tp tetep linux khan.. Majo teruz penguin indonesia

utchanovsky on Kamis, 31 Juli, 2008 mengatakan...

Gento katanya kenceng yah mas. Saya jadi mau coba nih, tapi katanya installnya ribet :(

Posting Komentar

Setelah Baca-baca, Silahkan tinggalkan komentar
Silahkan.......