7.01.2008

Portable Apps.com


Portable application, sebuah software yang dapat dijalankan tanpa perlu melakukan Install terlebih dahulu. Akhir-akhir ini semakin banyak provider pengelola Software merelase softwarnya dalam bentuk portable. Seperti contoh perusahaan raksasa Microsoft telah mengeluarkan Windows XP Portable Edition.

Apps Portable

Iseng-iseng pengen nyari applikasi portable saya menemukan sebuah site yang saya rasa cukup bagus dan mempunyai koleksi Applikasi portable yang cukup lengkap. Site itu adalah Portable Apps.Com. Di page awal dari site ini saya menemukan sebuah Applikasi portable yang cukup bagus dan Include semua software. Software tersebut adalah PortableAppss.com, memang hampir sama dengan nama sitenya. Pengen tau lengkapnya???




Setelah saya download semua paket applikasi PortableApps yang terdiri dari PortableApps.com_Platform_Setup_1.1.exe, PortableApps.com_Suite_Light_Setup_1.1.exe, PortableApps.com_Suite_Setup_1.1.exe
saya langsung mencoba menginstall nya pada Laptop saya. File pertama yang harus di Install adalah file PortableApps.com_Platform_Setup_1.1.exe karena Applikasi ini berfungsi sebagai Platform yang nantinya memiliki tampilan yang hampir mirip dengan tampilan StartMenu pada Windows.

Setelah itu saya mengInstall PortableApps.com_Suite_Setup_1.1.exe, kedua file PortableApps.com_Suite_Light_Setup_1.1.exe dan PortableApps.com_Suite_Setup_1.1.exe tidak perlu di Install kedua-duanya, karena kedua file tersebut adalah paket yang menyediakan Apllikasi yang nantinya akan Include pada Applikasi PortableApps.Com. Adapun Software pada Paket PortableApps.com_Suite_Setup_1.1.exe adalah sebagai berikut :

  • Calm Win Free Antivirus V 0.93

  • CoolPlayer+ Portable 2.17.1

  • KeePasswordSafe V 1.11

  • Mozilla Firefox Portable Edition V 2.0.0.14

  • Mozilla Sunbird V 0.8

  • KeePasswordSafe V 1.11

  • OpenOffice.org V 2.4

  • Pidgin

  • Jika anda mengInstall yang paket PortableApps.com_Suite_Light_Setup_1.1.exe maka semua akan anda peroleh kecuali OpenOffice.org V 2.4

    Saya sudah mencoba mengInstall PortableApps.com ini pada Flash Disk saya dan saya merasa cukup lumayan sangat berguna, apalagi jika mungkin kita sedang bepergian atau Ngenet di warnet yang munkin anda penggila Firefox dan di warnet tersebut tidak ada FF. Maka tanpa pusing lagi anda dapat menggunakan Firefox Portable yang telah include di dalam PortableAppss.com ini. Cara kerja dari PortableApps.com ini hampir sama dengan cara kerja Applikasi pada Flashdisk yang U3, jadi ketika kita menancapkan Flashdisk kita pada Komputer maka otomatis Runing. Tandanya program ini running adalah Icon Safely Remove pada Quick Lunch akan hilang dan digantikan dengan icon dari PortableAppss.com. Jika anda ingin menggunakan Aplikasi ini anda cukup klik aja icon terebut maka akan keluar seperti pada gambar berikut.



    Mudah Bukan????!!!!!
    Sedikit saran, hendaknya jika ingin menginstall aplikasi ini Flashdisk kita atau media penyimpanan Portable kita dalam kondisi Free Space yang cukup banyak. Karena akan mempengaruhi Kinerja Aplikasi ini. Dan apabila Flashdisk kita kena Virus maka kinerja pun akan ikut terpengaruhi.

    Oh ya ni sedikit promosi n crita pengalaman saya menggunakan Mozilla Firefox 3 Portable Edition untuk browsing dan download. Saya tercengang ketika melihat Speed Downloadnya Anda bisa lihat di gambar berikut (gambar ini tanpa rekayasa sedikit pun)



    Saya bener-bener kaget, fantastis sekali padahal saya ngenet di Warnet siang hari kira-kira jam 11 samapi jam 3 dan kondisi Warnetnya hampir full. Saya kurang tau apakah ini kelebihan dari Mozilla Firefox 3 Portable Edition atau gimana…ada yang tau???????


    Buat yang pengan download PortableAppss.com silahkan kunjungi website nya di http://www.portableapps.com/ atau klik di sini >> Portable Apps.Com



    6 komentar:

    diorockout on Selasa, 01 Juli, 2008 mengatakan...

    Katanya gak pake nginstal..
    piye toh..

    Admin on Selasa, 01 Juli, 2008 mengatakan...

    @diorockout
    Itu gak Install MAs...Itu hanya istilah...diya seperti Zip..jadi dia Unpack paketnya...Tapi jika anda Copy paste juga bisa tanpa harus Install

    nindya on Kamis, 03 Juli, 2008 mengatakan...

    Jadi pengen coba nih... Thanks infonya

    Anang on Jumat, 04 Juli, 2008 mengatakan...

    ini nih yang selalu aku pake... praktis karna ga perlu ngnstal di kompi jadi bisa dipindah2 pake flesdisk.....

    Vina Revi on Jumat, 04 Juli, 2008 mengatakan...

    Nyobain ...

    Admin on Jumat, 04 Juli, 2008 mengatakan...

    @Nindya & Vina Revi
    Silahkan......Monggo

    @anang
    Sip Mas....

    Posting Komentar

    Setelah Baca-baca, Silahkan tinggalkan komentar
    Silahkan.......