8.07.2008

Pendaftaran Online


Trend Pendafataran Online kini kayaknya udah sangat menjamur dimana-mana, mulai dari pendaftaran Siswa baru (SD, SMP, SMA), Pendafataran Kuliah, Pendafataran Pegawai dan lain-lain. Lha pada kesempatan ini saya tidak akan menjelaskan tentang PSB (Pendaftaran Siswa Baru) dan Pendafataran Pegawai. Melainkan saya akan bercerita sedikit tentang Pendaftaran Kuliah atau Pendaftaran Mahasiswa Baru. Lho kenapa kox pendaftaran kuliah sech??? Begini critanya, pertama dikarenakan beberapa hari terakhir ini harus bolak-balik Mojokerto - Surabaya Untuk membantu Adek dan Sodara untuk mendaftarkan diri ke beberapa PTN yang ada di Surabaya. Dan yang kedua, karena bingung gak ada bahan yang cocok buat diposting. Oke gak ada salahnya khan saya memposting ini???

Hmmm Seperti kita semua tahu bahwa melakukan pekerjaan online itu sungguh sangat membantu dan dapat menghemat waktu dan biaya. Namun tidak selamanya Online dapat membantu kita dan selalu berjalan mulus. Lha masalah inilah yang saya temui ketika mengantarkan Adek saya mendaftarkan diri ke salah satu PTN yang ada di daerah Surabaya kemarin Rabu 06 Agustus 2008. Kendala Seperti apakah itu???

Ceritanya dimulai dari Mojokerto ketika Adek saya ingin melakukan pendaftaran Online langsung dari warnet yang ada di Mojokerto (Maklum Speedy belum juga dipasang-pasang). Namun saya larang karena berdasarkan pengalaman saya yang pernah menangani PSB (Pendaftaran Siswa Baru) Online terdapat banyak sekali kekurangan, diantaranya dan yang sampai sekarang menjadi masalah mendasar adalah, user atawa para calon Pendaftar mearasa bingung dengan User Interface dari website yang ada. Akhirnya saya putuskan langsung saja ajak Adek Saya untuk langsung mendaftar secara manual.

Setiba di PTN yang dimaksud saya harus menunggu karena masih kepagian. Oke pendaftaran dimulai, maksud hati ingin melakukan pendaftaran manual tapi gak bisa. Wes...wes... Sebentar mengapa saya berani melakukan untuk daftar secara manual. Karena pengalaman sebelumnya ketika saya mendaftar di PTN lain yang masih di dalam wilayah Surabaya bisa melakukan pendaftarn secara manual meskipun juga bisa secara Online. Ya meski dengan agak kecewa okelah gak papa, demi Adik tercinta Mas mu yang paling cakep ini siap melakukan apa saja meskipun harus berdarah-darah. Langsung meluncur mencari Informasi dimana bisa melakukan Online, akhirnya Perpustakaan dari PTN tersebut menjadi rujukan. Disinilah masalah muncul, saya melihat dan mengamati dengan cermat bahwa hampir sebagaian besar dari calon pendaftar masih mengalami kesulitan dalam melakukan Pendaftaran Online tersebut. Jadi mau tidak mau pihak kampus harus mengerahkan para dosen untuk membimbing satu satu. Inilah salah satu kekurangannya. Tidak itu saja, piha Universitas tidak memberikan antisipasi jika ada listrik mati. Sempat pendaftaran tertunda karena ada Pemadaman Listrik. Gimana siapa yang repot???

Oke saya tidak akan menjelaskan panjang lebar mengenai skema pendaftaranya.

langsung saya simpulkan saja, meskipun Pendaftaran Online memang sangat membantu dan menghemat waktu. Namun jika pengelolaannya tidak maksimal maka akan menyulitkan para calon pendaftar juga. Dan sekedar saran, mungkin lebih baik jika menggunakan dua cara yaitu manual dan online seperti yang dilakukan oleh PTN dimana dulu saya pernah mengenyam kuliah disitu.

Jadi menerut para pembaca semua apakah Pendaftaran Online bisa disebut sebagai cara pendaftaran yang Efektif dan efisien?????? Silahkan berikan unek-unek anda....




13 komentar:

Anonim mengatakan...

Biar user friendly webnya dibuat pake Wordpress aja.. :D *becanda mode ON*

Republik Gaptek on Kamis, 07 Agustus, 2008 mengatakan...

Hmmm mungkin orang2 IT mereka yang belum berkembang..Weheheheh

Anonim mengatakan...

@Republik Gaptek
Kayaknya gitu mas.....

Anang on Kamis, 07 Agustus, 2008 mengatakan...

pendaftaran online tapi kok masih butuh kertas.. aneh ajaaaa

diorockout on Kamis, 07 Agustus, 2008 mengatakan...

cara manual?
manual selatan ta manual indah..

Anonim mengatakan...

Saat ini belum bisa dikatakan efisien. Sama sekali belum.

Saya juga mengalami kendala yang sama, namun bedanya saya sebagai seorang pendaftar, bukan sebagai seorang kakak yang mendaftarkan adeknya...

Btw adek yg dimaksud disini apakah adek kandung ato panggilan untuk seseorang neh?

Anonim mengatakan...

kalo bisa semuanya online, jadi ga perlu keluar rumah deh.. :D

Anonim mengatakan...

pendaftaran online praktis dan efisien kalau didukung kemampuan teknologi dan sdm yg baik. tapi kalo gak mending manual deh drpd pusing

Anonim mengatakan...

@anang
tul boz,gak pake kertas pake' apa?
@diorockout
manual tok
@wisaseki
adek bneran
@paman gober
pengennya sech gtu
@nita
bener banged

nindya on Jumat, 08 Agustus, 2008 mengatakan...

listrik mati kan bisa pake genset :p Iya harusnya online tp didukung fasilitas kalo masih setengah2 pasti banyak troublenya

Anonim mengatakan...

susah juga ya buat yg nggak biasa omline, atau yg belum terbiasa

Anonim mengatakan...

Wah memang sepertinya jamanya yah mas Online itu,
bisnis online,
pembayaran online,
pelatihan online,
Semoga internet kita mendukung yah mas...

Senang membaca tulisan sampean,
dan saya setuju apa yang sampea tulis.

Salam kenal dan mohon maaf jika ada kata saya yang kurang enak.

Sumintar.com

Anonim mengatakan...

Yg aneh tu di itees, mbayar spp bisa di mana aje, tp ikomanya musti ke kampus, halah podo wae gak online..

Posting Komentar

Setelah Baca-baca, Silahkan tinggalkan komentar
Silahkan.......