10.19.2008

Sekilas Tentang Komputer


Mungkin sebagaian besar dari kita telah lama mengenal apa yang dinamakan dengan Komputer. Hampir sebagaian besar manusia kini mulai tergantung dengan Komputer, semua kegiatan kita hampir tidak bisa lepas dari computer. Namun apakah anda semua tahu Seperti apakah computer itu, komponen apa saja yang ada pada computer. Nah saya kan sedikit mengulas pada postingan kali ini. Bagi yang sudah tahu tidak ada salahnya membaca kembali.

Komputer adalah Sebuah alat elektronik yang beroperasi di bawah kontrol instruksi-instruksi yang tersimpan pada memorinya sendiri. Pada Komputer ada kegiatan utama yang harus dilakukan, yaitu Input, Process, Output, Storage(Penyimpanan), dan Communication. Untuk mendukung kegiatan tersebut, computer memiliki beberapa komponen utama yang harus ada, yaitu Input Device, System Unit, Output Device, Storage Media, dan Communication Device.

Input Device, apa Input Device itu??? Input Device adalah alat atau Hardware yang digunakan untuk memasukan data dan instruksi kedalam computer. Contoh Input Device adalah Keyboard, Mouse, Scanner, Mikrophone dan Digital Camera.
Output Device, Output Device adalah alat atau Hardware yang menampilkan informasi ke satu atau lebih orang. Contoh alat dari Output Device adalah Monitor, Speaker dan Printer.

Sistem Unit, Sistem Unit adalah Kotak yang berisi komponen elektronik yang digunakan untuk memproses data menjadi informasi. Didalam Kotak pemrosesan tersebut ada satu komponen yang sangat penting yaitu Motherboard. Pada Motherboard terdapat 2 komponen utama yaitu Central Processing Unit (CPU) atau biasa disebut dengan Processor. dan Komponen yang satunya adalah Memory, Memory adalah sebuah alat Elektronik yang bekerja untuk menyimpan sementara Instruksi yang menunggu untuk dieksekusi dan menyimpan data yang digunakan pada proses eksekusi tersebut.

Storage Media, Storage Media adalah Tempat menyimpan data, instruksi, dan informasi untuk kebutuhan di masa yang akan datang. Contoh Storage Media yaitu, Hardisk, USB Flash Disk, CD, DVD dan Flopy Drive.

Communications Device, communications device adalah Hardware yang digunakan pada computer untuk melakukan komunikasi dengan computer yang lain untuk bisa saling bertukar komunikasi. Contoh dari communications device yaitu, Modem, LAN Card dan HUB.

Mungkin cukup ulasan sedikit mengenai Komputer. Semoga Artikel ini bermanfaat dan menambah Pengetahuan para pembaca seputar Komputer.






12 komentar:

Anonim mengatakan...

oh gosh, saya gak pernah hapal nama2 itu. btw thanks infonya jadi nambah wawasan

Anonim mengatakan...

Sangar-sangar....wes ndang dadi fren Gate...

Anonim mengatakan...

saya sarjana komputer, tapi mengenai istilah tersebut saya sudah lama lupa. Dengan membaca artikel ini saya seperti kembali bernostalgia dengan masa2 kuliah dl...salam kenal.

Anang on Selasa, 21 Oktober, 2008 mengatakan...

mantap penjelasannya pak dosen!

aR_eRos on Selasa, 21 Oktober, 2008 mengatakan...

jadi inget pas pertama kenal kotak ajaib ini waktu es es-em-pe dolo, tanks bro ngingetin lagi.

Anonim mengatakan...

Q mw tanya, alamatnya temen" TPC yang laen dunkz!!!
Bluecleve+lovink

Anonim mengatakan...

Makasih infonya pak...kadang hal2 seperti ini saya sendiri nggak ngerti

Anonim mengatakan...

sip,....

makasih... makasih.... atas infonya ya,,,,

Curut on Senin, 27 Oktober, 2008 mengatakan...

Wah dah lama ga' blogwalking.. tiba2 disuguhin tulisan komputer kaya' gini..

oia, minal-minul ya fit.. maapin salahku secara lahir dan jangan dibatin aja.. ehehe

btw, tentang komputer yang kutau cuma gamepad buat maen winning.. hehew

Anonim mengatakan...

waduh bang frenavit ini mengingatkan saya pada pelajaran masa lalu yah.
jadi kepikiran

Anonim mengatakan...

eh, sudah lama gak kenal istilah - istilah macam itu, baca posting ini jadi inget lagi. thanks

dr.sofa on Selasa, 21 April, 2009 mengatakan...

Taunya makai doank Gue

Posting Komentar

Setelah Baca-baca, Silahkan tinggalkan komentar
Silahkan.......